Pernak Pernik Dunia Kerja Bag.2

Nama                         : Zenitha Ramadani

Kelas                          : XI DKV

Tema Buku                 : Etika Kerja

Judul Buku                 : Etos Kerja - Panduan Menjadi Karyawan Cerdas

Pengarang                   : Desmon Ginting

Penerbit                       :  Kompas Gramedia

Tahun Terbit                : 2016

Jenis Buku                   : Etika

Halaman yang Dibaca : 4 Halaman 

Hasil resume                : 

 Keterampilan dan Atribut Manajemen Abad Globalisasi

            Sebuah riset berupa kuesioner pada tahun 1998 diselenggarakan dengan maksud menentukan 5 keterampilan atau atirbut manajemen terpenting untuk abad ke-21. Kuesioner terdiri dari 14 keterampilan atau aatribut manajemen sebagai berikut:

1.      Keterampilan untuk mengelola perbedaan

2.     Kemampuan untuk mengelola perubahan (keanekaragaman)

3.      Menjadi manajer yang strategis dan visioner

4.      Kemampuan untuk memotivasi

5.      Tegas – kecepatan bertindak

6.      Memiliki prespektif global

7.      Orientasi kepda etika, bertindak dengan integritas

8.      Pengetahuan mengenai teknologi computer

9.      Keterampilan analitis dan pemecah masalah

10.  Kesanggupan untuk menyeimbangkan pekerjaan, keluarga dan tuntutan lingkungan

11.  Kemampuan untuk mengelola tim

12.  Keterampilan komunikasi dan interaki

13.  Memiliki pola piker pengembangan diri

14.  Mampu mengenai kondisi pasar dan kecenderungannya

Para praktisi bisnis dan akademisi diminta untuk memberikan jawabannya. Dikarenakan ada yang mendapatkan skor sama maka dagtarnya berubah menjadi enam keterampilan atau atribut. Jika diurutkan, mulai dari yang paling penting. Maka daftarnya terpetakan sebagai berikut:

1.      Keterampilan komunikasi dan interaki

2.      Orientasi kepda etika, bertindak dengan integritas

3.      Kemampuan untuk mengelola perubahan (keanekaragaman)

4.      Kemampuan untuk memotivasi

5.      Keterampilan analitis dan pemecah masalah

6.      Menjadi manajer yang strategis dan visioner

Ekspektasi Para Pelanggang Dunia Kerja

            Sepeluh respons para pelanggan eksternal duniakerja berkenaan dengan layanan (service) yang diberikan dalam kata-kata para pelanggan itu sendiri sebagai berikut :

1.      Memberikan sesuai dengan janji dan komitmen yang diutarakan

2.      Anda merasakan bahwa anda istimewa, seprti satu-satunya elanggan yang pernah berurusan dengan mereka

3.      Ketika anda mengalami kecelakaan mobil, sebuah perusahaan asuransi yang baik akan menelepon untuk memastikan bahwa anda baik-baik saja, menanyakan bagaimna mobilnya dan bagaimana semuanya itu terjadi

4.      Jika mereka belum mempunyai stoknya, katakan saja apa adanya

5.      Berbicara kepada anda seperti anda seorang yang dewasa

 

Dunia Kerja dan Etika Kerja

            Ditengah-tengah dunia yang kelihatannya tidak semakin membaik dan kualitas kejahatan yang semakin canggih, dunia kerja rupanya tetap mendambakan bahwa orang-orang yang bekerja di dalamnya tetap sebagai:

  • Berorientasi kepada etika, bertindak dengan integritas
  • Memiliki sikap kerja yang benar
  • Memberikan sesuai dengan janji dan komitmen yang diutaraka
  • Jika mereka belum mempunyai stoknya, katakan saja apa adanya

                Ini semua berbicara mengenai etika kerja. Etos kerja minus etika kerja bukanlah etos kerja, tapi sama saja dengan maling. Ditambah dengan perspektif kerja yang tepat, maka “Do the best all times. This is benefits me!” benar-benar akan tepat sasaran. Dengan demikian, rumusan etos kerja kita, D-BAT, sudah tepat.

Komentar