Workbook Etos Kerja Bag. 2
Nama : Zenitha Ramadani
Kelas : XI DKV
Tema Buku : Etika Kerja
Judul Buku : Etos Kerja - Panduan Menjadi Karyawan Cerdas
Pengarang : Desmon Ginting
Penerbit : Kompas Gramedia
Tahun Terbit : 2016
Jenis Buku : Etika
Halaman yang Dibaca : 12 Halaman
Hasil resume :
Skenario 2 :
Mengatasi Stres Kerja
Anda adalah salah seorang supervisor
departemen penyediaan barang & jasa di sebuah perusahaan. Sebelumnya, Anda
bekerja sebagai supervisor produksi selama 3 tahun dan bekrja bergantian secara
shift. Ada 3 shift kerja di departemen produksi. Bekerja shift membuat Anda
tertekan dan mudah marah. Lalu meminta perusahaan untuk mentransfer Anda ke
departemen yang lain. Dalam bayangan
Anda, para supervisor departemen penyedia barang & jasa tidak perlu bekerja
bergantian secara shift. Setelah menjalani peran sebagai supervisor departemen
penyedia barang & jasa, Anda kaget, karena rupanya tidak seperti yang Anda
bayangkan sebelumnya.
Di satu sisi, Anda tidak pernah
dapat menyelesaikan pekerjaan secara tunta, selalu ada pekerjaan yang tertunda.
Di sisi lain, Anda harus belajar banyak tentang pekerjannya ada ratusan barang & jasa yang harus
diketaui dan wajib disediakan tepat waktu! Jadi tidak semudah yang Anda
pikirkan. Akhirnya, Anda telah mencapai titik dimana Anda merasa tidak dapat
lagi menerima tekanan atau stress lebih banyak.
Alternatif Solusi Skenario 2 :
Seorang supervisor yang berada dalam
kondiri stress, biasanya tidak fapat bekerja dengan produtif. Aspek personaltas
Andalah yang menentukan besaran stress yang akan Anda alami di pekerjaan. Ada beberapacara
untuk mengurangi stress. Coba perhatikan lingkungan fisik pekerjaan Anda. Ventilasi
yang buruk, suhu yang panas, bisisng dan cahaya lampu yang berlebihan dapat memperburuk situasi stress.
Pertimbangan juga lingkungan social Anda di pekerjaan.
Menentukan dan mengelola waktu
mungkin juga dapat membantu. Memandang masalah sbebagai tantangan dapat juga
membantu Anda meredakan stress. Yang dierlukan Anda adalah mengubah sudut pandang
Anda terhada pekerjaan scara umum.
Skenario 3 :
Bos yang Memperlakukan Anda dengan
Tidak Hormat
Anda adalah seorang Manajer HRD
sebuah perusahaan pembuat limun. Anda dan atasan langsung Anda sering bertemu
dengan para perwakilan serikat pekerja untuk membahas kondisi kerja dan
keluhan-keluhan para karyawan. Bos Anda, tidak menikmati pertemuan ini. Yang
menjengkelkan buat Anda adalah, atasan Anda menyalahkan Anda atas
masalah-masalah dan kondisi-kondisi buruk akibat ia sering tidak menepati janji.
Telebih masalah, keluhan yang diutarakan para buruhitu, sebenernya bukan
merupakan tanggung jawab Anda, maupun departemen Anda.
Alternatif Solusi Skenario 3 :
Sorang pemimpin tang memperlakukan
bawahannya dengan tidak respek, sebenernya tidak mengerti pentingnya hubungan
antar manusia yang baik. Jika Anda berhasl membuat pimpinan Anda untuk
mendengarkan dan berpikir mengenai kejdia-kejadian tersebut sebelum ia
memberikan komentar atau membuat sebuah tindakan, pimpinan Anda akan belajar
bagaimana untuk lebih taktis. Jika ia katakan tidak, dan ingin tahu mengapa
Anda bertanayi mengenai hal tersebut, maka Anda dapat menjawab dengan
menyatakan bahwa perkataan atasan Anda berbeda dengn jawaban yang ia berikan,
jika atasan Anda senang dengan pekerjan Anda. Jadi Andapenasaran mengenai apa
yang sebenarnya salah dengan Anda.
Komentar
Posting Komentar