Workbook Etos Kerja
Nama : Zenitha Ramadani
Kelas : XI DKV
Tema Buku : Etika Kerja
Judul Buku : Etos Kerja - Panduan Menjadi Karyawan Cerdas
Pengarang : Desmon Ginting
Penerbit : Kompas Gramedia
Tahun Terbit : 2016
Jenis Buku : Etika
Halaman yang Dibaca : 12 Halaman
Hasil resume :
Workbook Etos Kerja – 1
Disajikan study kasus beserta
alternative solusi
Study kasus 1:
Permintaan Atasan Langsung yang Tidak Etis
Barus memimpin Departemen Teknologi Informasi, ia diminta
atasannya, Pak Sitelu untuk menyetel ulang password agar orang-orang di call
center memiliki akses ke sIstem mereka. Namun, Barus sudah berjanji kepada
manajemen perusahaan tidak akan pernah membuka akses kepada siapa pun tanpa
masukan dan persetujuan mereka. Pak Sitelu menginginkan Barus untuk tidak
memberitahu manajemen perusahaan. Barus dibuat dilematis oleh permintaan Pak
Sitelu. Secara prosedur, untuk menyetel ulang password, Barus harus melibatkan
Deprtemen Keamanan Perusahaan. Ia tahu kebiaasan bahwa mereka tidak akan
bertindak tanpa persetujuan pihak manejemn perusahaan. Hubungannya dengan
Departemen Keamanan selama ini sangat harmonis.
Alternatif Study Kasus 1 :
Barus menerima perminataan Pak Sitelu dengan mempertimbangkan
kembali untuk berdiskusi kepada manajemen perusahan, menurut Barus lebih baik
turun tahta dengan perjuangan yang jujur.
Study Kasus 2 :
Mengabaikan Pelanggan
Sang bawahan melaporkan tentang keluhan dari Departemen
Marketing tentang pelatihan pemasaran secara digital (digital marketing) yang
dikembangkan kepada mereka. Namun sang atasan tak menggubris keluhan yang
disampaikan oleh sang bawahan.
Alternatif Study Kasus 2 :
Tidak berkomunikasi secara berkesinambungan selama proyek
berlangsung berpotensi timbulnya salah pengertian dan persepsi. Namun demikian,
dengan sengaja mengabaikan umpan balik dari pelanggan, ketika proses
pengembangan sama saja dengan bunuh diri. Ini dapat menciltakan sebuah situasi
dimana produk yang anda berikan bukanlah apa yang mereka inginkan, sehingga
mereka menjadi tidak puas. Jangan pernah mengabaikan pelanggan.
Skenario 1 :
Bertambahnya
Beban Kerja
Para karyawan di departemen pemotongan kertas kebanyakan
menganggur, jika ditinjau dari waktu kerja yang tersedia, karena pergerakan
proses melalui departemen mereka agak lambat. Sementara itu, di departemen
pengemasan terlihat sangat sibuk, karena terlalu banyak yang harus dikerjakan.
Manajemen perusahaan telah memutuskan bahwa cara untuk memperbaiki
ketidakseimbangan ini dan sekaligus memperlancar alur kerja adalah dengan
memberikan beberapa pekerja departemen pengemasan kepada para pemotong kertas.
Alternatif Skenario 1 :
Secara fakta, jika ditinjau dari beban kerja dan waktu kerja
yang tersedia, para pekerja pemotong kertas sebenernya selama ini belum bekerja
secara optimal. Seharusnya tidak perlu komplain dan tetap senantiasa bekerja
dengan sebaik mungkin.
Komentar
Posting Komentar