Workbook Etos Kerja

Nama                         : Zenitha Ramadani

Kelas                          : XI DKV

Tema Buku                 : Etika Kerja

Judul Buku                 : Etos Kerja - Panduan Menjadi Karyawan Cerdas

Pengarang                   : Desmon Ginting

Penerbit                       :  Kompas Gramedia

Tahun Terbit                : 2016

Jenis Buku                   : Etika

Halaman yang Dibaca : 12 Halaman 

Hasil resume                :

 Workbook Etos Kerja – 1

            Disajikan study kasus beserta alternative solusi

Study kasus 1:

Permintaan Atasan Langsung yang Tidak Etis

Barus memimpin Departemen Teknologi Informasi, ia diminta atasannya, Pak Sitelu untuk menyetel ulang password agar orang-orang di call center memiliki akses ke sIstem mereka. Namun, Barus sudah berjanji kepada manajemen perusahaan tidak akan pernah membuka akses kepada siapa pun tanpa masukan dan persetujuan mereka. Pak Sitelu menginginkan Barus untuk tidak memberitahu manajemen perusahaan. Barus dibuat dilematis oleh permintaan Pak Sitelu. Secara prosedur, untuk menyetel ulang password, Barus harus melibatkan Deprtemen Keamanan Perusahaan. Ia tahu kebiaasan bahwa mereka tidak akan bertindak tanpa persetujuan pihak manejemn perusahaan. Hubungannya dengan Departemen Keamanan selama ini sangat harmonis.

Alternatif Study Kasus 1 :

Barus menerima perminataan Pak Sitelu dengan mempertimbangkan kembali untuk berdiskusi kepada manajemen perusahan, menurut Barus lebih baik turun tahta dengan perjuangan yang jujur.

Study Kasus 2 :

Mengabaikan Pelanggan

Sang bawahan melaporkan tentang keluhan dari Departemen Marketing tentang pelatihan pemasaran secara digital (digital marketing) yang dikembangkan kepada mereka. Namun sang atasan tak menggubris keluhan yang disampaikan oleh sang bawahan.

Alternatif Study Kasus 2 :

Tidak berkomunikasi secara berkesinambungan selama proyek berlangsung berpotensi timbulnya salah pengertian dan persepsi. Namun demikian, dengan sengaja mengabaikan umpan balik dari pelanggan, ketika proses pengembangan sama saja dengan bunuh diri. Ini dapat menciltakan sebuah situasi dimana produk yang anda berikan bukanlah apa yang mereka inginkan, sehingga mereka menjadi tidak puas. Jangan pernah mengabaikan pelanggan.

Skenario 1 :

Bertambahnya Beban Kerja

Para karyawan di departemen pemotongan kertas kebanyakan menganggur, jika ditinjau dari waktu kerja yang tersedia, karena pergerakan proses melalui departemen mereka agak lambat. Sementara itu, di departemen pengemasan terlihat sangat sibuk, karena terlalu banyak yang harus dikerjakan. Manajemen perusahaan telah memutuskan bahwa cara untuk memperbaiki ketidakseimbangan ini dan sekaligus memperlancar alur kerja adalah dengan memberikan beberapa pekerja departemen pengemasan kepada para pemotong kertas.

 Alternatif Skenario 1 :

Secara fakta, jika ditinjau dari beban kerja dan waktu kerja yang tersedia, para pekerja pemotong kertas sebenernya selama ini belum bekerja secara optimal. Seharusnya tidak perlu komplain dan tetap senantiasa bekerja dengan sebaik mungkin.

Komentar